13.10.11

Cara Bermain Mainan Tradisional "Petak Umpet"



Salam cerdas kreatif,

Permainan tradisional ini bisa dimainkan banyak anak. Dalam bermain, diperlukan kecekatan adu lari dan taktik pemain untuk bersembunyi, agar tidak dapat diketemukan oleh pemain yang bertugas untuk menemukannya, biasanya disebut sebagai benteng. Untuk mengetahuinya, yuk langsung aja ke cara bermain mainan tradisional "Petak Umpet" ini


Cara Bermain :



Satu orang pemain yang kalah akan menutup matanya pada salah satu tempat yang dianggap sebagai benteng, sementara yang lain mencari tempat untuk bersembunyi. Setelah menghitung sampai jumlah tertentu, maka mulailah pemain yang menutup mata tersebut mencari tiap orang yang bersembunyi.

Bila telah menemukan orang yang bersembunyi, pencari ini harus cepat-cepat berlari ke benteng sambil menyebut nama orang yang ketahuan persembunyiannya. Begitu juga dengan anak yang ketahuan, karena bila berhasil lebih dulu menyentuh benteng, maka pada tahap selanjutnya dia tidak akan jaga. Anak lain yang bersembunyi dapat pula menyentuh benteng agar tidak jaga pada tahap selanjutnya, asalkan tidak ketahuan dengan pencari.

Setelah semua telah ketahuan persembunyiannya, maka pencari akan menutup matanya kembali pada benteng dan anak-anak lain membentuk barisan di belakangnya. Pencari akan menyebut salah satu nomor. Anak yang ada di urutan nomor yang disebut akan menjadi pihak yang kalah bila tadi dia tidak berhasil lebih dulu mencapai benteng. Sedangkan bila anak pada urutan yang disebut ternyata adalah anak yang berhasil mencapai benteng lebih dulu pada saat ketahuan tempat persembunyiannya, maka si pencari tetap dalam posisi kalah dan permainan dilanjutkan.



Selamat bermain ya dan jangan lupa kalau "Bermain - Belajar"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar