3.10.11

Cara Bermain Mainan Tradisional "Congklak"

Salam cerdas kreatif,

Crek .. crek .. crek, itulah suara khas dari biji-biji yang ditaburkan kedalam lubang dalam permainan tradisional asli Indonesia yaitu "Congklak".

Permainan congklak ini menggunakan papan permainan yang memiliki 14 lubang dan 2 lubang induk yang ukurannya lebih besar. Dimainkan oleh 2 orang. Satu lubang induk terletak pada ujung papan dan lubang induk lainnya terletak di ujung lainnya. Di antara kedua lubang induk terdapat 2 baris yang tiap barisnya berisi 7 lubang yang jumlahnya 14 lubang.

Cara bermain :



Terdiri dari 2 pemain. Masing-masing pemain akan saling bergiliran mengisi lubang congklak dengan 7 biji yang biasanya terbuat dari kerang atau plastik.
Setelah menentukan siapa yang akan mulai lebih dulu, maka permainan dimulai dengan memilih salah satu lubang dan menyebarkan biji yang ada di lubang tersebut ke tiap lubang lainnya searah jarum jam. Masing-masing lubang diisi dengan 1 biji. Bila biji terakhir jatuh di lubang yang ada biji-bijian lain maka biji yang ada di lubang tersebut diambil lagi untuk diteruskan mengisi lubang-lubang selanjutnya. Jangan lupa untuk mengisikan biji ke lubang induk kita setiap melewatinya. Sedangkan lubang induk lawan tidak perlu diisi.

Bila biji terakhir ternyata masuk dalam lubang induk kita, berarti kita bisa memilih lubang lainnya untuk memulai lagi, tetapi bila ternyata saat biji terakhir diletakkan pada salah satu lubang kosong, berarti giliran untuk lawan kita. Bila lubang tempat biji terakhir itu ada di salah satu dari 7 lubang yang ada di baris kita, maka biji yang ada di seberang lubang tersebut beserta 1 biji terakhir yang ada di lubang kosong akan menjadi milik kita dan akan masuk dalam lubang induk kita.

Setelah semua baris kosong, maka permainan dimulai lagi dengan mengisi 7 lubang milik kita, masing-masing dengan 7 biji dari biji yang ada di lubang induk kita. Dimulai dari lubang yang terdekat dengan lubang induk, bila tidak mencukupi maka lubang lainnya dibiarkan kosong dan selama permainan tidak boleh diisi.




Dengan bermain congklak ini, secara tidak langsung anak-anak akan belajar berhitung lo dan ini akan melatih mereka dengan suasana yang menyenangkan. Selamat bermain dan jangan lupa kalau "Bermain = Belajar"

1 komentar:

  1. gali dan perkenalkan, ajarkan, lalu mainkan untuk kelestarianyya.

    BalasHapus